Rabu, 28 Oktober 2020

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Anda Mengajukan Dana Pinjaman Cepat

 

 
Meminjam dana untuk kebutuhan tentu bisa menjadi solusi dari masalah keuangan yang Anda hadapi. Karena dengan meminjam dana, Anda bisa mempergunakannya untuk mencukupi kebutuhan yang ingin diwujudkan. Untuk mendapatkan dana pinjaman cepat , Anda bisa meminjam dari bank, pinjaman online, teman, kerabat, atau bahkan dari lembaga pinjaman lainnya. Namun mengingat meminjam dana berarti Anda sudah siap dengan tanggung jawab baru untuk membayar angsuran, maka tentu ada berbagai pertimbangan yang harus dilakukan.

Ada banyak hal yang melatarbelakangi seseorang akhirnya memutuskan untuk meminjam dana. Misalnya karena alasan untuk modal usaha, membangun rumah, biaya berobat, membeli barang dengan harga mahal, biaya pendidikan anak, atau bahkan untuk kebutuhan konsumtif sekalipun. Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, penting melakukan pertimbangan yang matang ketika akan meminjam dana dari pihak lain. Terlebih jika dana yang akan dipinjam cukup besar. Sebaiknya perhatikan hal berikut ini sebelum meminjam dana, yaitu:

1.    Cari informasi sebanyak-banyaknya.
Sebelum meminjam dana, ketahui terlebih dahulu dengan siapa Anda berhutang. Misalnya jika Anda berencana meminjam dana dari bank, cari tahu informasi mengenai bank yang bersangkutan. Ketahui apa saja program kredit atau pinjaman apa saja yang dimiliki dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini penting dilakukan, mengingat Anda akan berurusan dengan bank yang bersangkutan dalam kurun waktu yang tidak singkat.

2.    Ketahui bunga pinjamannya.
Bank atau lembaga keuangan lainnya pasti sudah menetapkan bunga pinjaman masing-masing. Sehingga Anda perlu memperhatikannya dan cari tahu terlebih dahulu sebelum meminjam. Pastikan bunga pinjaman yang dikenakan tidak memberatkan Anda saat meminjam nanti. Oleh karena itu, Anda harus mencari pinjaman dengan bunga yang sesuai dengan kemampuan bayar.

3.    Perhatikan jangka waktu pinjaman.
Untuk tenor atau jangka waktu pinjaman ada beberapa pilihan yang diberikan. Yaitu ada yang jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Semakin panjang jatuh tempo pinjaman, maka semakin besar juga biaya yang harus dibayarkan. Hal ini tentu perlu Anda pertimbangkan dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari. Sebaiknya pilih tenor pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda.

4.    Bagaimana proses pencairan dana pinjamannya.
Pastikan jika bank atau lembaga keuangan tempat Anda akan meminjam dana tidak memiliki prosedur yang rumit untuk pencairan dananya. Sehingga Anda tidak akan kerepotan dan dana yang diharapkan pun bisa segera cair agar bisa digunakan untuk kebutuhan. Maka dari itu, ketahui prosedur yang dimiliki oleh masing-masing bank atau lembaga keuangan tertentu.

5.    Ketahui biaya tambahan yang menyertai saat mengajukan pinjaman dana.
Saat meminjam dana, terkadang kita hanya terfokus dengan nominal pinjaman yang akan didapatkan, bunga pinjaman, dan jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Padahal ada hal lain yang juga perlu Anda perhatikan, yaitu mengenai biaya tambahan. Biaya tambahan yang biasa dikenakan, seperti biaya aktivasi, biaya denda jika menunggak, dll.

Itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman dana dari bank atau lembaga keuangan tertentu. Dengan memperhatikan berbagai hal tersebut, maka bisa menghindarkan Anda dari berbagai penyesalan di kemudian hari. Untuk mendapatkan dana pinjaman cepat, penting juga Anda untuk meminjam di bank atau lembaga keuangan yang sudah terpercaya. Dimana sudah terdaftar secara resmi dan sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga ketika ada masalah terkait pinjaman yang dilakukan, akan ada perlindungan hukum jika terjadi penyimpangan dari pihak bank atau lembaga keuangan tertentu tersebut.


EmoticonEmoticon