Senin, 01 Juni 2020

Cara Merawat Orang Sakit Saat Pandemi Coronavirus


Pasien virus corona dengan gejala ringan harus melakukan isolasi diri di rumah, tanpa perlu dirawat di rumah sakit. Hal seperti itu perlu dilakukan agar rumah sakit bisa memprioritaskan pasien dengan gejala serius saja. Nah, berikut ini ada beberapa cara perawatan di rumah untuk orang yang terkena coronavirus

Cara Merawat Orang Sakit di Rumah Saat Pandemi Coronavirus

1.      Tempatkan Orang yang Sakit dalam Kamar dengan Ventilasi Bagus

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat akan merawat orang sakit yang terkena virus corona adalah menempatkan pasien tersebut dalam kamar dengan ventilasi bagus. Pastikan pula pergerakan pasien tersebut dibatasi, agar tidak bisa berinteraksi dengan orang lain yang tinggal serumah dengannya.

Salah satu tujuan isolasi mandiri di rumah itu untuk memutus rantai penularan coronavirus. Oleh sebab itu, kontak langsung antara pasien dengan orang lain harus sangat dibatasi, termasuk keluarga yang serumah dengannya.

2.      Pakai Masker

Jangan lupa selalu pakai masker saat berada dalam satu ruangan dengan orang yang terkena virus corona. Pastikan, masker yang Anda pakai itu sudah sesuai dengan aturan. Posisikan masker agar bisa menutupi bagian hidung dan mulut Anda dengan tepat.

Setelah Anda keluar dari kamar pasien, segera lepas masker. Ganti dengan masker baru, jika Anda ingin masuk kembali ke kamar pasien. Setelah Anda melepas masker, jangan pernah lupa untuk langsung mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, minimal selama 20 detik.

3.      Rajin Cuci Tangan

Virus corona hanya bisa masuk ke dalam tubuh lewat membran mukosa yang terdapat pada kelopak mata, hidung dan mulut. Oleh sebab itu sebelum cuci tangan Anda dilarang untuk menyentuh area wajah. Jadi, setelah Anda melakukan kontak langsung dengan pasien yang Anda rawat, segera cuci tangan agar tidak mudah tertular.

Walau tangan Anda tidak kelihatan kotor, Anda tetap harus sering mencuci tangan. Namun, perlu diingat, bahwa Anda harus mencuci tangan dengan cara yang benar. Gosok seluruh tangan secara merata dengan sabun, mulai bagian telapak, jari hingga kuku minimal selama 20 detik. Kemudian bilas di bawah air mengalir. Jika di dekat Anda tidak ada air mengalir, maka Anda bisa gunakan hand sanitizer.

4.      Pakai Sarung Tangan

Jika Anda harus berdekatan dan berkontak langsung dengan pasien coronavirus yang Anda rawat di rumah, selain masker Anda juga perlu pakai sarung tangan. Penggunaan sarung tangan sangat diperlukan apalagi jika Anda terpaksa juga harus membersihkan kotoran dan urine pasien. Setelah dipakai, langsung buang sarung tangan, dan segera mencuci tangan.

5.      Pisahkan Peralatan Makan dan Mandi Pasien

Pisahkan peralatan makan dan peralatan mandi yang digunakan oleh pasien. Selain itu, segera cuci segala peralatan makan yang digunakan pasien. Perlu diketahui, bahwa virus corona bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu pada benda mati. Maka dari itu, Anda harus rajin mencuci berbagai benda yang sudah dipegang pasien.  Lebih baik lagi, jika rumah Anda secara rutin disemprot cairan desinfektan.
Selain 5 cara di atas, Anda juga perlu memastikan pasien tetap terhubung dengan tenaga medis profesional. Untungnya dengan kemajuan teknologi, kini Anda bisa lebih mudah untuk konsultasi dengan dokter secara online. Konsultasi bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc, sehingga bisa membantu Anda memberikan perawatan terbaik pada pasien yang Anda rawat di rumah.


EmoticonEmoticon