Rabu, 13 November 2019

Indahnya Kebersamaan dan Bagaimana Tips Untuk Menjaganya.

 
Manusia terlahir dengan kesempurnaannya sebagai mahluk Tuhan dengan segala potensi yang dimiliki. Sudah ketentuan Tuhan, manusia diciptakan sebagai zoon politicon atau sering kita sebut mahluk sosila. Ya mahluk sosial, yaitu manusia terlahir dengan membutuhkan orang lain. Meski dilahirkan secara individu, manusia tidak bisa lepas dari bantuan orang lain. Coba kita resapi bersama, sejak kita dilahirkan sudah ada tangan-tangan trampil yang membantu kita terlahir. Mulai dari kita membuka mata hingga menutup mata kembali yang bernama manusia tidak bisa lepas dari campur tangan orang lain. Tempat tidur yang kita tempat, lantai yang kita injak, pakaian yang kita kenakan hingga sederet makanan yang kita nikami semua itu tidak bisa kita adakan sendiri.
 
Interaksi antar manusia tidak bisa dihindari. Mau atau tidak kita sebagai manusia pasti mengalami interaksi dengan orang lain. Meskipun terkadang kita menginginkan kesendirian untuk alasan ketenangan. Namun, tidak jarang berkumpul dengan kelaurga, teman, atau saudara menjadi hal yang menyenangkan. Interaksi yang baik antara manusia satu dengan yang lain melahirkan apa yang disebut dengan kebersamaan.
 
Ketika kita berbicara kebersamaan hal yang baik dan indah akan terlintas dibenak kita. Jika kita berkumpul dengan orang yang sepaham dengan kita, satu visi dan misi indahnya kebersamaan akan mudah kita wujudkan. Namun bagaimana jika kita berada ditengah-tengah keberagaman yang mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita ingginkan, apakah indahnya kebersamaan itu akan tetap bisa kita wujudkan?
 
Kita hidup ditengah masyarakat Indonesia yang memiliki banyak keberagaman. Mulai dari agama, suku, ras, budaya, hingga warna kulit. Tentu saja kita dituntut untuk bisa menjunjung tinggi nilai toleransi dan tenggang rasa supaya indahnya kebersamaan yang kita inginkan dapat kita rasakan. 
 
Perbedaan itu akan selalu ada, dan akan hadir dimanapun kita berada. Meskipun kita berada dilingkungan yang sama agamanya, suku, atau rasnya perbedaan itu akan selalu ada. Setiap kepala memiliki pemikiran yang berbeda-beda, jika kita tidak belajar menghargai perbedaan makan sulit bagi kita untuk mencapai kebahagian ditengan perbedaan dan mewujudkan indahnya kebersamaan.
 

Berikut tips yang bisa kita lakukan untuk bisa mewujudkan indahnya kebersamaan dilingkungan kita.

  1. Senantiasa bersikap jujur kepada siapapun. Kejujuran menjadi hal penting yang harus kita jaga karena mahalnya kepercayaan seseorang kepada kita.
  2. Menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan. Dimanapun kita berada usahakan kita senantiasa menciptakan rasa nyaman kepada siapapun yang berinteraksi dengan kita. Meskipun yang orang tersebut berbeda dengan kita.
  3. Hindari sikap emosi dan egois. Sikap emosi dan egois sering kali menjadi munculnya permasalah dalam suatu kelompok. Dengan menjaga sikap emosi dan egois ini berarti kita telah berusaha meminimalisir permasalahan yang muncul.
  4. Melaksanakan komitmen yang telah disetujui bersama
  5. Jika diperlukan dalam pengambilan keputusan harus kita laksanakan dengan baik, bijak, dan tekas tetapi jangan keras.
  6. Selalu menjaga silaturahim dengan sesama. Silaturahin memiliki banyak manfaat, selain dapat memanjangkan usia silaturahim juga bisa memperlancar rizki dan merekatkan kebersamaan.
Demikian beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan indahnya kebersamaan. Ada satu hal penting lain yang bisa kita lakukan selain ke 6 hal tersebut adalah senantiasa menjalankan perintah agama dengan baik serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Menghargai dan menghormati setiap orang yang berbeda dengan kita juga menjadi hal penting yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari ditengan perbedaan.


EmoticonEmoticon