Kamis, 17 Oktober 2019

Bersama Tanoto Foundation, Pendiri Royal Golden Eagle Dorong Pengembangan Kualitas Guru


Sumber: pexels.com
Sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dibentuk oleh pendidikan yang berkualitas. Kualitas pendidikan ini pun banyak ditentukan oleh kualitas guru yang menjadi tenaga penggeraknya. Namun saat berbicara soal kualitas guru, Indonesia terbilang masih tertinggal jauh. Prihatin dengan kondisi tersebut, sang pendiri Royal Golden Eagle, Sukanto Tanoto memutuskan untuk ikut terlibat.

Tanoto Foundation merupakan hasil dari pemikiran Sukanto Tanoto dan istri dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas. Dibentuk untuk membantu mewujudkan pemerataan pendidikan, organisasi filantropi ini secara aktif mengadakan pelatihan untuk guru-guru binaannya. Pelatihan ini biasanya dilakukan lewat tatap muka. Namun untuk mengakselerasi upaya peningkatan kualitas guru, Tanoto Foundation dan sang pendiri Royal Golden Eagle menjalin kerja sama dengan Ruangguru.

Mengembangkan Kualitas Guru Bersama Ruangguru

Sebagai sebuah bangsa, Indonesia diberkahi sumber daya manusia yang begitu besar. Tercatat ada 267 juta jiwa penduduk Indonesia di tahun 2019. Sayangnya, kuantitas yang begitu besar tidak didukung dengan kualitas yang sepadan.

Pendidikan yang masih berkualitas rendah menjadi momok rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia. Pada tahun 2016, UNESCO mencatat bahwa kualitas pendidikan di Indonesia hanya berada di posisi ke-10 dari 14 negara berkembang. Dari segi kualitas guru, kondisinya justru lebih buruk lagi. Dari 14 negara berkembang, Indonesia menempati peringkat ke-14.

Untuk membantu meningkatkan kualitas guru di Indonesia, Tanoto Foundation mengambil jalan yang cukup inovatif. Organisasi filantropi yang dibentuk oleh sang pendiri Royal Golden Eagle ini pun merangkul teknologi bimbingan belajar online Ruangguru untuk mencapai tujuan tersebut.
Kerja sama antara Tanoto Foundation dan Ruangguru secara resmi diumumkan dalam perhelatan Learning Innovation Summit 2018 yang diselenggarakan di Jakarta pada Maret 2018 lalu. Sebagai sebuah layanan berbasis pendidikan, Ruangguru dinilai memiliki apa yang dibutuhkan oleh organisasi bentukan Sukanto Tanoto dan istri. 

Ruang belajar milik Ruangguru dinilai cocok untuk membantu menyebarkan modul pelatihan guru binaan Tanoto Foundation. Modul pelatihan dibuat dalam format video dan animasi. Karena hadir dalam format digital, guru binaan dapat mengakses modul tersebut langsung dari smartphone ataupun tablet, kapan pun dan di manapun. 

Meningkatkan Kualitas Kepala Sekolah Melalui Program INSPIRASI

Peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya bergantung pada kualitas guru. Kewenangannya yang terbatas membuat kapasitas guru dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan juga terbatas. Dalam menentukan arah pendidikan di sekolah, kepala sekolah memiliki kewenangan yang lebih besar. Untuk itulah, kualitas kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah juga sangat menentukan.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, dibutuhkan kepemimpinan yang kuat. Dengan kepemimpinan yang kuat itulah, kepala sekolah dapat menyatukan semua komponen di sekolah. Namun kepala sekolah juga harus bisa menemukan solusi atas permasalahan yang muncul. Karena perannya sebagai pemimpin tertinggi di sekolah, kepala sekolah itulah yang berwenang mengambil keputusan-keputusan penting.

Program INSPIRASI merupakan program yang diluncurkan oleh Yayasan Inspirasi. Program ini dirancang untuk membantu meningkatkan kualitas kepala sekolah dengan mengadopsi program-program serupa yang telah berjalan di luar negeri. 

Sebagai program yang menyasar pendidikan, INSPIRASI mendapat dukungan penuh dari organisasi bentukan pendiri Royal Golden Eagle, Tanoto Foundation. Melalui pendekatan pelatihan lapangan dan forum, INSPIRASI mendorong terbentuknya kepala sekolah yang bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul.

Komitmen Tanoto Foundation dan sang pendiri Royal Golden Eagle, Sukanto Tanoto dalam mewujudkan kesetaraan peluang melalui pendidikan akan selalu sama. Bersama pihak-pihak yang memiliki kepedulian yang sama, Tanoto Foundation akan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


EmoticonEmoticon