Rabu, 16 Oktober 2019

3 Pilihan Stasiun Pemberhentian ke Kota Malang


Malang disebut-sebut sebagai kota terbesar di Jawa Timur  urutan kedua setelah Surabaya. Karena lokasinya dekat dari kota Batu, tak heran jika Malang sering dijadikan tempat transit maupun sebagaidestinasi wisata menarik yang direkomendasikan bagi Anda yang bepergian ke Jawa Timur. Ada beberapa spot wisata yang menarik, di Malang Selatan khususnya, seperti Pantai Bajul Mati, Pantai Batu Bengkung, Pantai Teluk Asmoro, Pantai Goa Cina, dan lain sebagainya.

Anda pun bisa mengunjungi salah satu objek wisata yang tersedia di kota Malang. Bagi warga luar kota yang ingin berwisata ke Malang, baik dari Yogyakarta, Bandung, ataupun kota Jakarta, salah satu sarana transportasi yang paling direkomendasikan adalah kereta api. Tak hanya murah, berlibur ke kota Malang dengan menggunakan kereta membuat Anda lebih santai di perjalanan sekaligus bisa menikmati sejumlah pemandangan menarik di Jawa Timur.

Selain itu, alasan memilih memakai kereta api ke Malang ialah tiket kereta ke Malang yang cukup terjangkau. Nah, di kota Malang sendiri ada 3 stasiun yang diantaranya ialah Stasiun Malang Kota Baru, Stasiun Malang kota Lama, dan Stasiun Blimbing.

Stasiun Kereta Api di Kota Malang

Seperti sudah dijelaskan di atas mengenai 3 stasiun yang ada di kota Malang, untuk lebih detailnya lagi mari kita ulas ketiga stasiun tersebut, diantaranya :

Stasiun Kotabaru Malang

Stasiun Kotabaru Malang adalah stasiun terbesar yang ada di Malang, sekaligus sebagai pintu gerbang utama ke tempat-tempat wisata populer yang ada di Malang Raya. Sebut saja d di pantai-pantai yang ada di Kabupaten Malang, objek wisata Urban, dan Theme Park yang ada di kota Batu. Stasiun Kota Baru Malang juga sangat populer bagi kalangan pendaki Gunung Semeru. Stasiun Kotabaru ini berlokasi di Jalan Trunojoyo No.10, di Kelurahan Kidul Dalem, Klojen, Kota Malang,
Provinsi Jawa Timur. Lokasinya sendiri dekat dengan Balai Kota sebagai pusat pemerintahan sekaligus destinasi wajib bagi pelancong luar yang ingin mengenal kota Malang lebih dekat.

Fasilitas yang terdapat di Stasiun Kota Baru sendiri bisa dikatakan cukup lengkap, diantaranya ruang tunggu yang nyaman dengan kelengkapan multimedia, mesin cetak tiket mandiri, tiga peron, 5 loket, toilet gratis, food court, mesin ATM, dan tempat parkir cukup luas. Hanya saja, di stasiun Kota Baru Malang ini masih belum tersedia mushola, jadi untuk melakukan ibadah shalat sendiri Anda harus ke luar stasiun terlebih dulu.

Stasiun Malang Kotalama (MLK)

Stasiun ini merupakan stasiun kereta kelas I berlokasi di Ciptomulyo, Sukun, Malang, Jawa Timur. Setidaknya ada sebanyak 7 kereta api semua kelas yang transit ke Stasiun Kotalama setiap harinya. Mulai dari Kereta Ekspress Maliobro, Kereta ekonomi Majapahit, Kereta Ekonomi Matarmaja, Kereta Ekonomi tawang Alun, Kereta Jurusan Surabaya-Malang Blitar, Kereta Penataran, Kereta Jakarta-Malang Kotabaru, jurusan Bandung ke Malang kotabaru, dan lain sebagainya.

Untuk jadwal pemberangkatan dan kedatangan kereta api terbagi di Kota Lama ini ialah jadwal kereta ekspres Malioboro. Untuk kereta kelas eksekutif Jurusan Jogja-Malang dan kereta campuran ekonomi datang pada jam 03.53 WIB, kemudian dilanjutkan kembali perjalanan ke stasiun terakhir. Sedangkan jadwal pemberangkatan dan kedatangan paling terakhir ialah jadwal kereta Penataran. Jadi, bagi para travellers ke kota Malang Selatan yang tertarik dengan pilihan wisata pantai, pasti akan transit di Stasiun Kotalama Malang.

Stasiun Blimbing (BMG)

Stasiun ini terletak di Purwodadi, Blimbing Malang. Merupakan stasiun kelas paling kecil sekaligus terletak di bagian paling utara Malang. Di stasiun BLimbing sendiri, hanya melayani jalur kereta api yang berasal dari dua kota, yaitu Tumapel dan Surabaya. Jadi, bagi yang ingin bepergian ke kota Malang untuk para backpacker khususnya dari Surabaya dan Tumapel, bisa menggunakan jalur kereta api menuju Stasiun Blimbing.

Stasiun Blimbing melayani rute Penataran dengan tujuan Blitar via kota Malang dan tujuan Surabaya. Selain itu, stasiun ini juga melayani rute Tumapel dengan tujuan Malang dan Surabaya. Jadi, bagi Anda yang ingin pergi ke kota Malang, sebaiknya rencanakan perjalanan Anda dari sekarang dengan memesan tiket kereta api ke kota Malang. Pastikan untuk memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan!


EmoticonEmoticon