Minggu, 04 Agustus 2019

Cara Menabung untuk Persiapan Pernikahan


Pernikahan merupakan upacara sakral yang diharapkan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Itulah alasan mengapa beberapa pasangan sudah menyiapkan dana yang besar bahkan mengajukan pinjaman dana demi mewujudkan resepsi pernikahan yang tidak terlupakan.

Pernikahan jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi jika pasangan memiliki keinginan tertentu tentang konsep pernikahan yang sudah mereka rancang. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pernikahan impian ada beberapa cara yang perlu dilakukan sebagai usaha untuk mempersiapkan dananya dengan lebih matang.

Berikut ini beberapa cara menabung yang bisa dijadikan panduan ketika ingin mempersiapkan pernikahan yang berkesan. 

Buat Daftar Semua Pengeluaran Pernikahan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar kebutuhan pernikahan secara detail mulai dari penentuan venue, catering, dekorasi, make up atau tata rias pengantin, dokumentasi, dan sebagainya.

Kamu bisa meminta rincian penawaran harga yang diberikan dari beberapa vendor pernikahan. Pastikan bahwa harga yang diberikan faktual, jika ada kenaikan mintalah informasi berapa persen kenaikan yang biasanya mereka terapkan setidaknya jika persiapan yang kamu butuhkan lebih dari satu tahun.

Tentukan Venue yang Sesuai dengan Bujet

Salah satu biaya paling besar dalam sebuah pernikahan adalah venue atau tempat resepsi pernikahan. Tempat menjadi sebuah prestise tersendiri bagi beberapa pasangan maupun keluarga. Apalagi jika bisa diselenggarakan di gedung atau ballroom yang mewah.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan survei tempat dan harga tentang kesiapan dan kecocokan tempat dengan fasilitas yang diberikan. Utamanya memiliki kapasitas yang lapang dengan tempat parkir yang terjangkau.

Semakin mudah aksesnya, semakin mahal juga harga sewanya. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa menyewa tempat resepsi pernikahan secara outdoor di halaman belakang restoran, cafe atau di rumah dengan harga sewa dan bujet yang lebih ramah di kantong. 

Mulai Sisihkan Pendapatan dengan Target Tertentu

Jika sudah dijumlahkan apa saja pengeluaran yang dibutuhkan untuk acara pernikahan, mulailah menghitung berapa porsi penghasilan yang harus disisihkan untuk tabungan pernikahan. Setidaknya kamu bisa menyisihkan antara 30 sampai dengan 40 persen dari total penghasilan bulanan dengan catatan tidak ada utang.

Sebagai contoh jika total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp100 juta, tentukan berapa lama harus menabung disesuaikan dengan tanggal pernikahan. Jarak ideal setidaknya tabungan pernikahan dipersiapkan paling singkat selama satu tahun hingga dua tahun.

Misalnya jika dibagi dalam 12 bulan, artinya kamu harus menyisihkan dana sekitar Rp8,3 juta per bulan. Persoalan dana ini juga harus dibicarakan dengan pasangan apakah ditanggung oleh mempelai pria saja atau dibagi dua dengan mempelai wanita. 

Tentu, ini dikembalikan pada kebiasaan keluarga dan kesepakatan kedua belah pihak. Karena setiap keluarga pasti memiliki adat dan istiadatnya masing-masing saat menggelar pernikahan termasuk soal sumber dananya. 

Cari Pekerjaan Sampingan Demi Tambahan Dana

Jika ternyata penghasilan yang disisihkan masih kurang dari target, artinya mau tidak mau kamu harus mencari tambahan penghasilan demi memenuhi target sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditetapkan.

Pinjaman Dana Pernikahan Bukan Hal Tabu

Opsi terakhir yang bisa dilakukan saat dana tabungan tidak mencapai target adalah dengan mengajukan pinjaman dana kepada lembaga keuangan tepercaya. Kamu bisa mempertimbangkan meminjam melalui bank hingga perusahaan fintechpinjaman dana online alias fintech. 

Kini, tidak sedikit juga fintech yang mulai membidik pendanaan untuk kebutuhan pernikahan.Salah satunya adalah Kredivo yang dapat memberikan kredit limit hingga Rp30 juta. 

Bunga pinjaman dana yang diberikan Kredivo termasuk paling rendah di antara fintech lainnya. Hanya 2.95% saja per bulan. Sementara fintech lain ada yang memberikan bunga tinggi hingga 30% per bulan.

Di sinilah kemampuan analisa kamu diuji. Lakukan perbandingan bunga pinjaman antara perusahaan satu dengan yang lain. Pastikan juga bahwa perusahaan sudah terdaftar di OJK seperti Kredivo.

Pendaftaran menjadi anggota Kredivo cukup mudah. Tinggal unduh saja aplikasi resminya di Google Play Store maupun App Store. Kemudian lakukan pendaftaran secara online. Proses persetujuan lebih cepat dari bank hanya 1x24 jam saja. Setelah disetujui sebagai pengguna akun cicilan, kamu sudah bisa langsung mengajukan pinjaman sebesar kredit limit yang disetujui. 


EmoticonEmoticon