Selasa, 30 Juli 2019

4 hal yang perlu diperhatikan saat menangani luka bakar

Ngeblogs.Com - Luka bakar yang muncul pada permukaan kulut dapat menyebabkan infeksi jika tidak diatasi dengan baik. Banyak factor yang dapat menyebabkan adanya luka bakar, tersundut rokok, terkena knalpot motor, terkena setrika, atau terpapar sinar matahari secara langsung pada waktu yang lama.

Luka bakar dapat dibagi menjadi tiga tingkat dari keparahannya, yaitu luka bakar ringan, sedang, hingga parah. Tingkat luka bakar yang anda alami dapat menentukan jenis obat dan juga pengobatan yang anda lakukan terhadap luka bakar tersebut.

Untuk luka bakar ringan, penanganan dapat dilakukan di rumah secara alami. Simak beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penanganan luka bakar ringan 




1.    Gunakan Lidah buaya

Ekstrak lidah buaya dapat digunakan sebagai Obat Luka Bakar Kena Knalpot yang alami. Lidah buaya sudah lama dianggap sebagai tanaman yang dapat melembabkan kulit, memiliki sifat anti peradangan, dan juga dapat membantu penyembuhan luka dengan mencegah adanya perkembangan bakteri.

Gunakan gel lidah buaya dan oleskan tipis pada luka bakar yang anda alami setelah sebelumnya dibersihkan oleh air mengalir. Usahakan untuk menggunakan gel lidah buaya murni untuk hasil yang lebih maksimal

2.    Oleskan Madu

Selain lidah buaya, olesan madu pada luka bakar juga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada luka. Olesan madu juga dapat mencegah adanya bakteri yang menyebabkan infeksi pada luka.
Sama seperti lidah buaya, penggunaan madu sebagai obat alami untuk mengatasi luka bakar adalah dengan dioleskan secara tipis pada luka bakar anda.

3.    Jangan menggunakan minyak

Jika anda mengalami luka bakar pada kulit, ingatlah untuk tidak menggunakan minyak seperti minyak zaitun, minyak goreng, minyak kelapa, atau berbagai macam minyak lainnya. Mengoleskan minyak pada luka bakar tidak akan mengatasi peradangan.
Adanya minyak yang dioleskan pada luka bakar justru akan menambah rasa panas pada kulit dan juga terus membuat kulit menjadi terbakar

4.    Jangan mengoleskan pasta gigi

Banyak mitos atau omongan orang tua zaman dahulu yang mengatakan bahwa luka bakar dapat diobati dengan mengoleskan pasta gigi. Olesan pasta gigi justru akan membuat kulit menjadi iritasi dan meningkatkan infeksi.

Kunjungi laman Gue Sehat lainnya untuk tips lain yang dapat berguna bagi hidup anda!


EmoticonEmoticon