Senin, 18 Maret 2019

Buah apel, ternyata bermanfaat untuk penderita diabetes melitus




Buah apel, buah yang hidup di daerah tropis ini masih belum terlalu digemari banyak orang. Saat panen buah ini sangat melimpah dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Tapi memang buah ini sangat banyak hanya di beberapa daerah. Buah apel ini kaya akan serat dan banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Salah satu manfaatnya pernah dirilis di berfaedah.com yang berjudul 14 manfaat buah apel hijau untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Selain banyak manfaat untuk ibu hamil, apel juga punya manfaat untuk penderita diabetes melitus

Penderita diabetes melitus atau lebih sering dikenal dengan penyakit gula ini semakin hari semakin banyak penderitanya. Peningkatan jumlah penderita ini dikarenakan semakin meningkatnya sosial ekonomi dan berubahnya gaya hidup serta pola makan masyarakat saat ini. Sekarang semakin banyak makanan-makanan cepat saji, makanan-makanan instan yanh tinggi kalori dapat dengan mudah kita temui. Mulai dari kota besar hingga pedesaan. Dahulu di desa terkenal dengan makanan yang masih alami tapi tidak dengan sekarang. Masyarakat desa sekarang sudah mengkonsumsi makanan-makanan tinggi kalori dan rendah serat hampir setiap hari. Karena perubahan inilah yang menyebabkan seseorang menderita diabetes melitus bahkan dari sejak masih muda.

Meningkatnya penderita diabetes melitus sekarang ini memang banyak disebabkan karena pola makan. Penderita diabetes melitus seharusnya mengkonsumsi makanan rendah kalori, rendah gula, dan juga tinggi serat. Rendah kalori yaitu jumlah kalori tidak melebihi kalori orang normal yaitu 1500 kkal dan anjuran ini diperuntukkan kepada penderita diabetes melitus yang memiliki berat badan berlebih. Untum rendah gula, penderita dapat tidak mengkonsumsi gula sama sekali atau membatasi asupan gula. Untuk yang tinggi serat yaitu tinggi serat yang larut air. 

Tetapi yang banyak dipraktekkan oleh masyarakat sekarang hanya yang rendah kalori dan rendah gula, untuk yang tinggi serat masih banyak yang tidak mempraktekkan. Masyarakat banyak yang belum faham mengenai makanan tinggi serat larut air ini.

Lah untuk mendapatkan tinggi serat yang larut air kita dapat mengkonsumsi buah apel. Karena di dalam buah apel mengadung pektin yaitu salah satu serat yang larut dalam air yang bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu pektin juga akan membentul gel di dalam lambung yang akan memperlambat pengosongan lambung. Jika pengosongan lambung melambat menyebabkan penyerapan glukosa di usus halus pun waktunya akan menurun sehingga akan menyebabkan peningkatan glukosa dalam darah secara perlahan. Karena peningkatan glukosa dalam darah secara perlahan ini menyebabkan insulin tidak diprosuksi secara berlebihan sehingga akan menyebabkan glukosa lebih mudah masuk ke jaringan yang akhirnya menyebabkan glukosa darah menurun.


Selain itu buah apel memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal ini menandakan kandungan glukosa alami dalam buah apel  tidak dengan mudah memicu naikknya glukosa dalam darah. Mengkonsumsi buah apel ini untuk penderita diabetes melitus sebaiknya 2 kali sehari yaitu pagi dan sore untuk hasil yang maksimal karena salam satu buah apel mengandung pektin sekitar 24%.

Bagi anda penderita diabetes melitus atau anda dengan risiko menderita diabetes melitus, anda dapat mengkonsumsi buah apel ini sebagai pilihan makanan dengan kandungan serat yang larut dalam air dalam jumlah yang banyak. Selain itu, makanlah makanan yang sehat, rendah kalori, rendah gula, dan pebanyaklaj serat. Kurangi mengkonsumsi buah-buahan secara sembarangan karena buah banyak mengandung glukosa kecuali jika anda sudah mengetahui kandungan pektin nya seperti buah apel ini dan pilihlah serat yang banyak dari sayur-sayuran. Sekian, semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon